Rabu, 13 Maret 2013

RESEP TUMISAN DAUN SINGKONG

Daun singkong adalah enis tanaman yang tubuh di sekitar pekarangan atau kebunTerkadang kita kalau sama daun singkong itu kan gak suka soalnya rasanya yang khas dengan rasa pahitnya itu bikin kita gak suka.Aku punya solusinya agar masakan daun singkongnya gak terasa pahit yaitu dengan cara merendam daunnya didalam air larutan garam sekitar 15 menit saja lalu cuci bersih dijamin rasa pahitnya sudah tidak terasa pahit lagi.Daun singkong juga baik sekali buat kesehatan apalagi kalau yang kena penyakit kekurangan darah makan aja tumisan daun singkong pasti darah kamu akan bertambah dan gak bikin kamu kelihatan kurang sehat alias loyo....Tapi untuk yang punya tekanan darah tinggi sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsinya nantik bisa tinggi tekanan darahnya..Disini aku juga selipkan resep tumisan daun singkong..Selamat mencobanya.

 
Bahan:

  • 300 gr daun singkong
  • 50 gr ikan teri goreng
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 5 buah bawang merah, iris
  • 5 siung bawang putih, iris
  • 4 buah cabai merah, iris
  • 3 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 1/2  sdt terasi
  • garam,dan gula pasir secukupnya saja
Cara Membuat:

  • Siangi daun singkong kemudian cuci hingga bersih dan jangan lupa rendam dulu dalam larutan air garam perbandingannya 500 ml air : 2 sdm garam dapur . Gunanya adalah untuk menetralisir rasa pahit pada daun singga saat proses pemasakan.Setelah direndam selama 10 menit tiriskan lalu cuci kembaki dengan air bersig hingga rasa asin pada daun singkong sedikit hilang.
  • Step berikutnya adalah perebusan daun singkong,proses ini memerlukan waktu lebih kurang 45 menit.
  • Setelah daun singkongnya matang angkat kemudian tiriskan agar airnya atus.Setelah daun singkong dingin iris tipis - tipis daun singkong.
  • Panaskan Wajan untuk menumis beri sedikit minyak goreng setelah dirasa wajan sudah cukup panas lalu masukkan bumbu yang sudah di iris-iris dan juga terasi tumis hingga aroma bumbunya harum kemudian masukkan 50 ml air beri gula dan garam secukunya.Untuk penggunaan garam saya sarankan sedikit saja karena sebelumnya tadi sudah mengandung garam daun singkongnya.
  • Masukkan daun singkong lalu aduk aduk sampai bumbu semua tercampur rata dengan daun singkong.Tunggu sampai air tumisan sedikit mengering.
  • Setelah tumisan matang sajikan untuk menu makan malam anda.
22.45 Renny P

RESEP TUMISAN DAUN SINGKONG

Daun singkong adalah enis tanaman yang tubuh di sekitar pekarangan atau kebunTerkadang kita kalau sama daun singkong itu kan gak suka soalnya rasanya yang khas dengan rasa pahitnya itu bikin kita gak suka.Aku punya solusinya agar masakan daun singkongnya gak terasa pahit yaitu dengan cara merendam daunnya didalam air larutan garam sekitar 15 menit saja lalu cuci bersih dijamin rasa pahitnya sudah tidak terasa pahit lagi.Daun singkong juga baik sekali buat kesehatan apalagi kalau yang kena penyakit kekurangan darah makan aja tumisan daun singkong pasti darah kamu akan bertambah dan gak bikin kamu kelihatan kurang sehat alias loyo....Tapi untuk yang punya tekanan darah tinggi sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsinya nantik bisa tinggi tekanan darahnya..Disini aku juga selipkan resep tumisan daun singkong..Selamat mencobanya.

 
Bahan:

  • 300 gr daun singkong
  • 50 gr ikan teri goreng
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 5 buah bawang merah, iris
  • 5 siung bawang putih, iris
  • 4 buah cabai merah, iris
  • 3 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 1/2  sdt terasi
  • garam,dan gula pasir secukupnya saja
Cara Membuat:

  • Siangi daun singkong kemudian cuci hingga bersih dan jangan lupa rendam dulu dalam larutan air garam perbandingannya 500 ml air : 2 sdm garam dapur . Gunanya adalah untuk menetralisir rasa pahit pada daun singga saat proses pemasakan.Setelah direndam selama 10 menit tiriskan lalu cuci kembaki dengan air bersig hingga rasa asin pada daun singkong sedikit hilang.
  • Step berikutnya adalah perebusan daun singkong,proses ini memerlukan waktu lebih kurang 45 menit.
  • Setelah daun singkongnya matang angkat kemudian tiriskan agar airnya atus.Setelah daun singkong dingin iris tipis - tipis daun singkong.
  • Panaskan Wajan untuk menumis beri sedikit minyak goreng setelah dirasa wajan sudah cukup panas lalu masukkan bumbu yang sudah di iris-iris dan juga terasi tumis hingga aroma bumbunya harum kemudian masukkan 50 ml air beri gula dan garam secukunya.Untuk penggunaan garam saya sarankan sedikit saja karena sebelumnya tadi sudah mengandung garam daun singkongnya.
  • Masukkan daun singkong lalu aduk aduk sampai bumbu semua tercampur rata dengan daun singkong.Tunggu sampai air tumisan sedikit mengering.
  • Setelah tumisan matang sajikan untuk menu makan malam anda.

Selasa, 12 Maret 2013

RESEP UDANG SAUS PADANG

Bahan resep udang saus padang :
  • 500 gram udang, lalu cuci bersih
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 ruas lengkuas
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 lmbr daun jeruk purut
Bumbu halus udang saus padang :
  • 8 cabai merah besar
  • 5 buah bawang merag
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • garam dan gula secukupnya
  • 3 buah tomat sedang
Cara Membuat :
  1. Bersihkan udang dari kotorannya yang ada di bagian kepalanya dan juga buang rambut yang ada di bagian depan.Kemudian cuci bersih rendam dalam air yang diberi jeruk nipis.Rendam beberapa menit saja.
  2. Kemudian tumis Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan lengkuas dan daum jeruk purut tambahkan sedikit air lalu aduk kembali sampai rata kemudian masukkan udangnya.
  3. Setelah itu tambahkan daun bawang dan aduk hingga rata.
  4. Setelah rata dan matang siap disajikan sebagai menu makan malam atau apalah yang penting rasanya nikmat.Oke.Thank's sudah berkunjung ke blog saya...
21.26 Renny P
RESEP UDANG SAUS PADANG

Bahan resep udang saus padang :
  • 500 gram udang, lalu cuci bersih
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 ruas lengkuas
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 lmbr daun jeruk purut
Bumbu halus udang saus padang :
  • 8 cabai merah besar
  • 5 buah bawang merag
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • garam dan gula secukupnya
  • 3 buah tomat sedang
Cara Membuat :
  1. Bersihkan udang dari kotorannya yang ada di bagian kepalanya dan juga buang rambut yang ada di bagian depan.Kemudian cuci bersih rendam dalam air yang diberi jeruk nipis.Rendam beberapa menit saja.
  2. Kemudian tumis Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan lengkuas dan daum jeruk purut tambahkan sedikit air lalu aduk kembali sampai rata kemudian masukkan udangnya.
  3. Setelah itu tambahkan daun bawang dan aduk hingga rata.
  4. Setelah rata dan matang siap disajikan sebagai menu makan malam atau apalah yang penting rasanya nikmat.Oke.Thank's sudah berkunjung ke blog saya...

Resep Kepiting Saos Padang

Sea Food yang satu ini sangat cocok sekali di buat masakan apa aja soalnya cita rasa daging kepiting yang gurih dan teksturnya yang lembut sangat nikmat bila dipadukan dengan saus padang yang akan banyak bumbu yang ada di dalam dan membuat rasanya lebih spesial.Anda ingin mencobanya di rumah anda sendiri silahkan aja baca dulu resep saya aga tahu apa aja bahan yang dibutuhkan.Thank's yah udah mau baca dan datang ke blog saya.Semoga masakannya enak ya...

Bahan :
1/2 kg kepiting (2-3 ekor)
1 liter air untuk merebus kepiting

Bumbu yang dihaluskan :
15 bh cabe merah keriting
6 bh bawang merah
3 buah bawang putih
1 ruas kunyit, dibakar
2 ruas jahe
3 bh kemiri sangrai
1/2 bh bawang bombay, diiris kasar
2 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
2 bks saos tiram
3 bks saos sambal
2 bks saos tomat ( 1/2 tomat diiris - iris halus)
1 butir telor dikocok lepas
Lada secukupnya
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng untuk menumis
Air secukupnya

Cara membuat :
1. Belah kepiting, dan rebus sampai matang berwarna orange. Angkat dan tiriskan.
2. Haluskan bumbu : cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lalu ditumis.
3. Setelah harum masukkan daun salam, daun jeruk, bawang bombay, tambahkan air.
4. Masukkan saos tiram, saos sambal, saos tomat (irisan tomat), lada, gula, garam, penyedap rasa.
5. Masukkan kepiting yang sudah direbus, aduk rata sampai bumbu meresap.
6. Masukkan telor kocok, sampe kuah mengental.
7. Angkat dan siap dihidangkan.
20.53 Renny P

Resep Kepiting Saos Padang

Sea Food yang satu ini sangat cocok sekali di buat masakan apa aja soalnya cita rasa daging kepiting yang gurih dan teksturnya yang lembut sangat nikmat bila dipadukan dengan saus padang yang akan banyak bumbu yang ada di dalam dan membuat rasanya lebih spesial.Anda ingin mencobanya di rumah anda sendiri silahkan aja baca dulu resep saya aga tahu apa aja bahan yang dibutuhkan.Thank's yah udah mau baca dan datang ke blog saya.Semoga masakannya enak ya...

Bahan :
1/2 kg kepiting (2-3 ekor)
1 liter air untuk merebus kepiting

Bumbu yang dihaluskan :
15 bh cabe merah keriting
6 bh bawang merah
3 buah bawang putih
1 ruas kunyit, dibakar
2 ruas jahe
3 bh kemiri sangrai
1/2 bh bawang bombay, diiris kasar
2 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
2 bks saos tiram
3 bks saos sambal
2 bks saos tomat ( 1/2 tomat diiris - iris halus)
1 butir telor dikocok lepas
Lada secukupnya
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng untuk menumis
Air secukupnya

Cara membuat :
1. Belah kepiting, dan rebus sampai matang berwarna orange. Angkat dan tiriskan.
2. Haluskan bumbu : cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lalu ditumis.
3. Setelah harum masukkan daun salam, daun jeruk, bawang bombay, tambahkan air.
4. Masukkan saos tiram, saos sambal, saos tomat (irisan tomat), lada, gula, garam, penyedap rasa.
5. Masukkan kepiting yang sudah direbus, aduk rata sampai bumbu meresap.
6. Masukkan telor kocok, sampe kuah mengental.
7. Angkat dan siap dihidangkan.
RESEP CUMI MASAK HITAM

Hmmm ....... Siapa yang suka sama sea food yang satu ini.Cumi-cumi adalah hewan lau yang mempunya tinta yang ada di dala tubuhnya untuk perlindungan dirinya bila ia akan dimakan oleh hewan predator lainnya.Terkadang ada juga yang alergi sama cumi-cumi.Untuk kalian yang suka banget sama masakan cumi-cumi bisa mencoba resep saya yang satu ini yaitu cumi-cumi masak hitam. 
Bahan :
500 gr cumi
seruas jahe, geprek
saus tiram secukupnya
air secukupnya
1 batang sereh
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
gula pasir secukupnya
garam secukupnya 
Bumbu :
5 siung bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, cincang halus
2 cabai hijau besar, potong bulat
Cara Membuat :
1. Bersihkan cumi, pisahkan kepala cumi dengan hati-hati agar kantung tintanya tidak pecah. Buang tulang
    rawannya. Cuci bersih.
2. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hijau hingga harum. Tambahkan serai, daun salam dan
    jahe. 
3. Masukkan cumi, saos tiram, gula pasir, garam dan air. Aduk rata. Masak sampai matang dan kuah
    mengental.
00.04 Renny P
RESEP CUMI MASAK HITAM

Hmmm ....... Siapa yang suka sama sea food yang satu ini.Cumi-cumi adalah hewan lau yang mempunya tinta yang ada di dala tubuhnya untuk perlindungan dirinya bila ia akan dimakan oleh hewan predator lainnya.Terkadang ada juga yang alergi sama cumi-cumi.Untuk kalian yang suka banget sama masakan cumi-cumi bisa mencoba resep saya yang satu ini yaitu cumi-cumi masak hitam. 
Bahan :
500 gr cumi
seruas jahe, geprek
saus tiram secukupnya
air secukupnya
1 batang sereh
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
gula pasir secukupnya
garam secukupnya 
Bumbu :
5 siung bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, cincang halus
2 cabai hijau besar, potong bulat
Cara Membuat :
1. Bersihkan cumi, pisahkan kepala cumi dengan hati-hati agar kantung tintanya tidak pecah. Buang tulang
    rawannya. Cuci bersih.
2. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hijau hingga harum. Tambahkan serai, daun salam dan
    jahe. 
3. Masukkan cumi, saos tiram, gula pasir, garam dan air. Aduk rata. Masak sampai matang dan kuah
    mengental.

Minggu, 10 Maret 2013

RESEP SEMUR DAGING KENTANG

Kali ini aku mau kasih tahu sama kalian yang hobby masak nih.Ini ada salah satu resep dari aku yaitu "Resep Semur Daging Kentang".Masakan ini sangat cock untuk hidangan pagi.siang.atau malam tergantung selera aja.Mau mencobanya sendiri di rumah sapa tahu aja isi keluargamu pada suka sama masakan ini apalagi kalau yang bikin dengan cinta.Hehehehe...Goog Luck yah....

BAHAN :
500 gram daging sapi, potong dadu
150 gram kentang baby, kukus
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 buah tomat, potong dadu
600 ml air
4 sdm Kecap Manis
1/2 sdt garam
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak goreng, untuk menumis


BUMBU HALUS :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
2 sdm makan kluwak


CARA MEMBUAT SEMUR DAGING KENTANG :
1. Rebus daging kambing bersama air dan sedikit garam hingga daging empuk. Angkat dan tiriskan daging,

    potong dadu dan sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng, tumis daun salam, lengkuas, daun jeruk dan serai bumbu halus hingga harum.

    Angkat.
3. Masukkan bumbu tumis ke dalam air rebusan kambing, aduk rata. Tambahkan daging kambing dan

    kentang.
4. Tambahkan Kecap Manis , garam dan dun bawang, aduk rata. Masak hingga mendidih dan matang.

    Angkat. Sajikan hangat.
21.25 Renny P
RESEP SEMUR DAGING KENTANG

Kali ini aku mau kasih tahu sama kalian yang hobby masak nih.Ini ada salah satu resep dari aku yaitu "Resep Semur Daging Kentang".Masakan ini sangat cock untuk hidangan pagi.siang.atau malam tergantung selera aja.Mau mencobanya sendiri di rumah sapa tahu aja isi keluargamu pada suka sama masakan ini apalagi kalau yang bikin dengan cinta.Hehehehe...Goog Luck yah....

BAHAN :
500 gram daging sapi, potong dadu
150 gram kentang baby, kukus
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 buah tomat, potong dadu
600 ml air
4 sdm Kecap Manis
1/2 sdt garam
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak goreng, untuk menumis


BUMBU HALUS :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
2 sdm makan kluwak


CARA MEMBUAT SEMUR DAGING KENTANG :
1. Rebus daging kambing bersama air dan sedikit garam hingga daging empuk. Angkat dan tiriskan daging,

    potong dadu dan sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng, tumis daun salam, lengkuas, daun jeruk dan serai bumbu halus hingga harum.

    Angkat.
3. Masukkan bumbu tumis ke dalam air rebusan kambing, aduk rata. Tambahkan daging kambing dan

    kentang.
4. Tambahkan Kecap Manis , garam dan dun bawang, aduk rata. Masak hingga mendidih dan matang.

    Angkat. Sajikan hangat.

Kamis, 07 Maret 2013

RESEP AYAM GORENG POP


Aku denger ayampop itu langsung ketawa deh nama masakan yang lucu yah.Aku kira ayam yang lagi dengerin musik pop gitu eh ternyata eh ternyata salah dugaanku.Memang masakan inin namanya emang ayam pop ,hehehe....Masakan ini berasal dari Palembang sana yang terkenal dengan Empek-Empeknya yang enak banget.Dan juga rasanya ayamnya ini gurih banget lho soalnya proses perebusannya pakai air kelapa.Dari pada penasaran apa aja sih bahannya dan gimana sih cara membuatnya.Let's go kita lohat nyokk.....

Bahan :

1 ekor Ayam Kampung

250 ml Air Kelapa

2 lembar Daun Salam

1 batang Serai, memarkan

1 ruas Lengkuas, memarkan

Minyak Goreng secukupnya



Bumbu Halus :

4 siung Bawang Merah

3 siung Bawang Putih

3 butir Kemiri

1 sdt Garam



Sambal :

4 bh Cabai Merah

10 bh Cabai Rawit

1 bh Tomat Merah

1 sdt Garam

1 sdt Gula Pasir

1 papan Petai


Cara Membuat :

1    1.Lumuri daging ayam dengan bumbu halus, lalu diamkan selama 1 jam hingga bumbu
         meresap.

2    2.Rebus daging ayam bersama air kelapa, daun salam, sereh dan lengkuas hingga daging
         ayam empuk dan matang.

3    3.Goreng daging ayam dalam minyak panas sebentar saja, lalu tiriskan.

4    4.Haluskan bumbu sambal kecuali petai.

5    5.Tumis bumbu sambal, lalu masukkan petai. Masak hingga harum. Angkat.
6.Sajikan.
22.58 Renny P

RESEP AYAM GORENG POP


Aku denger ayampop itu langsung ketawa deh nama masakan yang lucu yah.Aku kira ayam yang lagi dengerin musik pop gitu eh ternyata eh ternyata salah dugaanku.Memang masakan inin namanya emang ayam pop ,hehehe....Masakan ini berasal dari Palembang sana yang terkenal dengan Empek-Empeknya yang enak banget.Dan juga rasanya ayamnya ini gurih banget lho soalnya proses perebusannya pakai air kelapa.Dari pada penasaran apa aja sih bahannya dan gimana sih cara membuatnya.Let's go kita lohat nyokk.....

Bahan :

1 ekor Ayam Kampung

250 ml Air Kelapa

2 lembar Daun Salam

1 batang Serai, memarkan

1 ruas Lengkuas, memarkan

Minyak Goreng secukupnya



Bumbu Halus :

4 siung Bawang Merah

3 siung Bawang Putih

3 butir Kemiri

1 sdt Garam



Sambal :

4 bh Cabai Merah

10 bh Cabai Rawit

1 bh Tomat Merah

1 sdt Garam

1 sdt Gula Pasir

1 papan Petai


Cara Membuat :

1    1.Lumuri daging ayam dengan bumbu halus, lalu diamkan selama 1 jam hingga bumbu
         meresap.

2    2.Rebus daging ayam bersama air kelapa, daun salam, sereh dan lengkuas hingga daging
         ayam empuk dan matang.

3    3.Goreng daging ayam dalam minyak panas sebentar saja, lalu tiriskan.

4    4.Haluskan bumbu sambal kecuali petai.

5    5.Tumis bumbu sambal, lalu masukkan petai. Masak hingga harum. Angkat.
6.Sajikan.
RESEP AYAM WOKU

Pasti kalau mau masak pada mikir mikir ya enaknya ayam ini dimasak apa ya kalau digoreng ya gitu-gitu aja kan rasanya.Ayo kita coba masak ayam tapi dengan resep yang berbeda penasaran lihat tuh resepnya di bawah sudah ada caranya juga gak perlu bingung lagi deh...Selamat mencoba yah...

 Bahan :
  • 1 ekor ayam, dopotong 16 bagian
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 8 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 3 lembar daun pandan, diiris
  • 1 lembar daun kunyit, diiris
  • 3 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan, diiris halus
  • 50 gram daun kemangi
  • 4 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 1.000 ml air
Bumbu Halus :
  • 10 butir bawang merah
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 3 cm kunyit, dibakar, dicincang
  • 2 cm jahe
  • 10 butir kemiri, disangrai
  • 1 sendok makan garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
Cara Membuat :
  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis. Diamkan 10 menit. Cuci bersih.
  2. Rebus air, bumbu halus, daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, serai, daun kemangi, daun bawang, dan tomat sampai mendidih.
  3. Masukkan ayam. Masak sambil sesekali diaduk sampai matang dan bumbu meresap.
22.39 Renny P
RESEP AYAM WOKU

Pasti kalau mau masak pada mikir mikir ya enaknya ayam ini dimasak apa ya kalau digoreng ya gitu-gitu aja kan rasanya.Ayo kita coba masak ayam tapi dengan resep yang berbeda penasaran lihat tuh resepnya di bawah sudah ada caranya juga gak perlu bingung lagi deh...Selamat mencoba yah...

 Bahan :
  • 1 ekor ayam, dopotong 16 bagian
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 8 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 3 lembar daun pandan, diiris
  • 1 lembar daun kunyit, diiris
  • 3 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan, diiris halus
  • 50 gram daun kemangi
  • 4 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 1.000 ml air
Bumbu Halus :
  • 10 butir bawang merah
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 3 cm kunyit, dibakar, dicincang
  • 2 cm jahe
  • 10 butir kemiri, disangrai
  • 1 sendok makan garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
Cara Membuat :
  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis. Diamkan 10 menit. Cuci bersih.
  2. Rebus air, bumbu halus, daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, serai, daun kemangi, daun bawang, dan tomat sampai mendidih.
  3. Masukkan ayam. Masak sambil sesekali diaduk sampai matang dan bumbu meresap.